fbpx

Setahun Perjalanan Program Kampung Tersenyum; Membangun Masyarakat Jakarta Selatan Lebih Sehat, Lingkungan Bersih dan Berkah

Selasa (19/1/21) Program Kampung Tersenyum yang diinisiasi oleh Rumah Sosial Kutub telah setahun terlaksana di Wilayah Kota Administrasi Jakarta Selatan. Program yang bersinergi dengan Walikota Kota Administrasi Jakarta Selatan, Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Selatan dan YBM PLN telah sukses mengajak 58 kelurahan untuk ikut berpartisipasi dalam menangani limbah minyak jelantah yang ada di Wilayah Jakarta Selatan.

Atas Kerjasama seluruh pihak yang terlibat sebanyak 91.242 liter limbah minyak jelantah telah tertangani. Sebanyak 5.501 tong sedekah telah terdistribusikan dan Rp. 553.940.000 dana sedekah telah terhimpun. Sehingga dengan adanya Program Kampung Tersenyum ini terdapat 6.236 penerima manfaat di wilayah Jakarta selatan yang telah terbantukan selama masa pendemi.

Selama tahun 2020 terdapat 10 kelurahan dan kecamatan yang mendapat peringkat terbesar dalam kinerja penanganan limbah minyak jelantah. Kelurahan dan kecamatan yang menempati peringkat pertama adalah Kelurahan Pondok Labu dan Kecamatan Jagakarsa dengan penanganan jumlah limbah yang tertangani sebanyak 10.260 liter dan 22.950 liter. Efektivitas ini bisa terwujud dengan baik karena antusiasme dan kerja sama seluruh pihak termasuk para penggerak seperti Kader-kader PKK dari tingkat kota sampai wilayah.

“Harapannya semoga Program Kampung Tersenyum bisa semakin kuat dilaksanakan dan dapat diperluas kolaborasinya dengan sinergi antar lintas sectoral.  Sehingga bisa terus mengajak masyarakat secara luas untuk bisa bersama menangani limbah jelantah dengan bersedekah.” Suhito.

Selain sukses membawa DKI Jakarta menuju Top 99 Program Inovasi Pelayanan Publik yang diselenggarakan oleh Kementrian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (PAN RB) ternyata program kampung tersenyum telah menginspirasi daerah lainnya untuk ikut melaksanakan program tersenyum. Sehingga program ini telah hadir di 9 kota dan 4 Provinsi di Indonesia. Semoga program kampung tersenyum dapat semakin luas manfaatnya dan menjadi solusi untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, lingkungan yang bersih dan berkah dengan bersedekah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error

Sebarkan berita kebaikan di social media Anda