fbpx

Ekonomi Teladan

1. Cinta Ternak Indonesia (CTI)

Cinta Ternak Indonesia (CTI) Merupakan program pemberdayaan dan pendampingan keluarga duafa  melalui Usaha Ternak Kambing/domba dengan konsep Ternak Bergulir. Setiap keluarga duafa mendapatkan hak pengembangbiakan kambing betina sebanyak 2 ekor sampai dengan 2 kali beranak kemudian digilir kepada duafa yang belum mendapat giliran dan begitu seterusnya.

Hasil pengembangan ternak inilah yang akan terus dikembangkan oleh para penerima manfaat sehingga diharapkan dari Program pemberdayaan ini adalah keluarga duafa penerima manfaat dapat keluar dari kemiskinan (mandiri) serta desa tempat dilaksanakan program akan menjadi lumbung ternak.

Saat ini program CTI dilaksanakan di Dukuh Mbolang Desa Giri Bangun, Kec. Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta. Pemilihan Gunung Kidul sebagai wilayah penyaluran mengingat daerah ini termasuk kategori kabupaten tertinggal di pulau Jawa. Rumah Sosial Kutub mentargetkan sebanyak 20 CTI hadir di daerah miskin tertinggal sampai akhir tahun 2020.

2. One Mosque Ten Preneurs (OMTP)

OMTP merupakan program pemberdayaan dan pendampingan peningkatan ekonomi keluarga dhuafa melalui pemberian bantuan alat kerja atau modal usaha berbasiskan masjid sehingga terbentuk satu komunitas yang terdiri dari 10 pengusaha.

Calon penerima manfaat memiliki kewajiban untuk memakmurkan masjid dan mengikuti pembinaan secara rutin.

Dua puluh masjid yang berada di wilayah perkotaan atau miskin tertinggal diproyeksikan akan mendapatkan bantuan sampai akhir tahun 2020.

3. Clean & Cafe Zone (C2Z)

C2Z merupakan program pemberdayaan anak muda (putus sekolah, belum mampu melanjutkan kuliah) untuk mendapatkan keterampilan dan kemandirian ekonomi dalam memanfaatkan waktu transisi melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.