fbpx

Layanan Jemput Minyak Jelantah

Tersenyum (Terima Sedekah Minyak Jelantah Untuk Mereka)

Kunjungan Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Selatan.

Minyak ini merupakan minyak bekas pemakaian kebutuhan rumah tangga yang umumnya dapat digunakan kembali untuk keperluan kuliner akan tetapi bila ditinjau dari komposisi kimianya, minyak jelantah mengandung senyawa-senyawa yang bersifat karsinogenik yaitu istilah yang menerangkan sifat dari zat-zat atau paparan bahan yang dapat memicu kanker (karsinogen). Perubahan sifat ini terjadi selama proses penggorengan. Jadi jelas bahwa pemakaian minyak jelantah yang berkelanjutan dapat merusak kesehatan manusia, menimbulkan penyakit kanker, dan akibat selanjutnya dapat mengurangi kecerdasan generasi berikutnya. Untuk itu perlu penanganan yang tepat agar limbah minyak jelantah ini dapat bermanfaat dan tidak menimbulkan kerugian dari aspek kesehatan manusia dan lingkungan.

Kami, Rumah Sosial Kutub menghimpun sedekah minyak jelantah dari  masyarakat sebagai bahan baku biodisel. Kemudian, hasil dari penjualan minyak jelantah digunakan untuk operasional program-program sosial dan pemberdayaan masyarakat. Dalam prosesnya, kami mengedukasi masyarakat dengan 3 nilai utama.

Pertama kami mengajak masyarakat untuk hidup sehat (Go Health). tidak menggunakan minyak jelantah sampai habis karena tidak sehat dan dapat menimbulkan penyakit seperti kanker. Kedua mengajak untuk (Go Green) hidup bersih di mana masyarakat tidak boleh membuang limbah minyak jelantah sembarangan di lingkungan termasuk selokan, sungai, wastafel atau lahan yang terdapat tanaman. Jika minyak jelantah dibuangan di sungai maka ekosistem dibawahnya dapat mati karena oksigen (o2) tidak dapat masuk ke dalam atau ketika dibuang di wastafel, minyak dapat mengendab dan menyebabkan penyumbatan. Terakhir, kami mengajak masyarakt untuk hidu berkah (Go Berkah) yaitu tidak membuang sembarangan limbah minyak, tidak menggunakan minyak hingga habis tapi solusi yang kami tawarkan adalah mengumpulkan minyak pada Tong Sedekah Minyak Jelantah yang sudah kami siapkan kemudian saat Tong Sedekah sudah penuh akan kami lakukan penjemputan.

Prosedur mendirikan Program Kampung Tersenyum bisa menghubungi 0857 1144 5011 (Galih)